http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

568 Warga Asing Menunggu Eksekusi Mati di Malaysia, WNI Terbanyak Kedua

Kuala Lumpur - Ratusan warga asing tengah menunggu eksekusi hukuman mati di Malaysia, dengan warga negara Indonesia (WNI) menempati urutan terbanyak kedua setelah Nigeria.

Menurut laporan yang dirilis kelompok HAM, Amnesty International Malaysia (AIM), seperti dilansir media Malaysia, The Star, Jumat (11/10/2019), hingga Februari tahun ini, tercatat total 1.281 tahanan menunggu eksekusi hukuman mati. Dari jumlah itu, hampir separuhnya atau 568 terpidana mati tersebut adalah warga asing.

Warga Nigeria adalah terbanyak, yakni mencapai 21 persen dari ratusan warga asing itu. Diikuti kemudian oleh WNI (16 persen), warga Iran (15 persen), warga India (10 persen), warga Filipina (8 persen) dan warga Thailand (6 persen).


Menurut laporan AIM yang dirilis pada Kamis (10/10) bertepatan dengan Hari Peringatan Anti Hukuman Mati Dunia tersebut, nyaris 73 persen dari warga asing yang divonis mati tersebut adalah karena kejahatan perdagangan narkoba, sedang 25 persen di antaranya karena pembunuhan.

Disebutkan bahwa selain 568 warga asing yang menunggu eksekusi hukuman mati tersebut, sebanyak 713 warga Malaysia juga sedang menunggu eksekusi mati. Mereka terdiri dari 48 persen orang Melayu, 25 persen orang India, 24 persen orang China dan 4 persen etnis minoritas lainnya.



Sumber: Detik.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...