http://kata.news


HOME I NUSANTARA I MANCANEGARA I EKBIS I OLAHRAGA I IPTEK I HIBURAN

ads

Taiwan tutup pasar dan sekolah sehubungan dengan angin topan

Yilan, Taiwan (ANTARA) - Pihak berwenang Taiwan menutup pasar keuangan dan memerintahkan sekolah-sekolah tutup pada Senin ketika topan mendekati pantai timur laut negeri tersebut, sementara maskapai penerbangan membatalkan lebih dari 150 penerbangan di tengah peringatan banjir dan angin kencang.

Topan Mitag, yang dikategorikan oleh biro cuaca Taiwan sebagai tingkat topan terkuat kedua, diperkirakan akan mendekati pantai wilayah Yilan dengan angin maksimum 162 km / jam (100 mph) pada Senin malam.

Badai itu bergerak melintasi lautan ke arah utara-barat laut dengan kecepatan 25 km / jam, kata para pejabat cuaca, dan bisa mendapatkan kekuatan saat mendekati pulau itu.

Biro mengeluarkan peringatan angin dan hujan untuk Taipei yang lebih besar, kota pelabuhan utara Keelung, dan kabupaten utara lainnya. Ini juga memberikan peringatan kepada pelaut di sekitar Taiwan.

Sekitar 12.000 tentara bersiaga di tengah kekhawatiran banjir dan gelombang badai.

"Tentara nasional dan pihak berwenang dalam keadaan siaga penuh. Teman-teman di daerah yang terkena dampak harap membuat persiapan untuk topan dan tetap berada di dalam ruangan sebanyak mungkin," tulis Presiden Tsai Ing-wen di Facebook.

Lebih dari 150 penerbangan dan layanan feri dibatalkan, sementara beberapa jalan raya di pulau itu ditutup di tengah kekhawatiran tanah longsor dan banjir. Badai memutus aliran listrik ke sekitar 2.700 rumah pada Senin pagi.

Setelah melewati Taiwan, topan itu diperkirakan akan mendekati kota Shanghai di China timur pada hari Selasa, menurut perkiraan.

Media pemerintah China mengatakan badai itu kemungkinan akan mendarat di provinsi timur Zhejiang pada Selasa sore, atau mendekati garis pantai, membawa hujan lebat ke provinsi Zhejiang dan provinsi Fujian yang berdekatan.

Pemerintah telah memerintahkan pihak berwenang tingkat provinsi untuk membuat persiapan menghadapi topan, terutama di daerah-daerah yang rawan longsor, lapor kantor berita resmi China. Kedua provinsi ini sangat bergunung-gunung.

Waktunya sangat buruk bagi China karena hari Selasa menandai dimulainya libur nasional selama sepekan, salah satu dari dua liburan "minggu emas" China, ketika tempat-tempat wisata di seluruh negeri ramai dengan pengunjung.

Baca juga: Topan tutup tempat usaha, paksa pembatalan penerbangan di Taiwan
Baca juga: TKI korban topan di Taiwan teridentifikasi
Baca juga: Sekolah di Taiwan diliburkan akibat Topan Chan-Hom

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019



Sumber: Antaranews.com

Klik tautan (link) sumber jika konten berita terpotong atau tidak lengkap
loading...